Mengapa Kurikulum Pembelajaran PJOK Perlu Berubah?

oleh

Sri Nurkhayati – SD Negeri Dukun 2

 

Gambar Pembelajaran PJOK SDN Dukun 2

Kurikulum Merdeka pada Pelajaran PJOK?

Kurikulum memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Kurikulum menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Pasal 1, Ayat diartikan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pengertian tersebut menyatukan tiga dimensi utama kurikulum, yaitu dimensi rencana dan pengaturan (curriculum as intended, planned, document) dan dimensi proses (penyelenggaraan kegiatan pembelajaran) dan kurikulum sebagai hasil dalam satu kesinambungan. Sedangkan materi pembelajaran IPS sendiri merupakan bagian dari kurikulum untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kurikulum tidak hanya diartikan sebagai seperangkat aturan, akan tetapi juga termasuk materi-materi konstektual yang diajarkan kepada peserta didik untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Pengembangan kurikulum dan bahan ajar harus disesuaikan dengan perkembangan zaman serta kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan lingkungan. Pengembangan kurikulum bukanlah sesuatu yang bersifat kaku dan paten, akan tetapi dikembangkan sesuai dengan potensi, kebutuhan, dan karakteristik masing-masing sekolah.

Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Pembelajaran Pendidikan Jasmani dilaksanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, metode, gaya, dan teknik sesuai dengan karakteristik tugas gerak peserta didik dan lingkungan belajar. Pembelajaran diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah fisik yaitu psikomotor, kognitif, dan efektif setiap peserta didik dengan menekankan pada kualitas kebugaran jasmani dan perbendaharaan gerak.

 

Mengapa Kurikulum Harus Berubah?

1.       Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai zamannya

2.       Agar relevan dengan perkembangan zaman

3.       Agar dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa

4.       Untuk menyiapkan generasi masa depan yang visioner

Komentar

  1. Luar biasa, sangat menginspirasi. Semoga belajar PJOK makin menyenangkan

    BalasHapus
  2. Kurikulum biasanya kaku dan membuat takut. Anak-anak juga terikat dan tidak fleksibel. Anak-anak sekarang jadi belajar dengan lebih mudah. Terimakasih bu Sri. Tulisannya menginspirasi

    BalasHapus
  3. Terimakasih Bu Sri, semoga anak-anak senang belajar di SD Dukun 2. Maju terus anak-anak. Semangat belajar

    BalasHapus
  4. Belajar adalah perjalanan. Zaman terus berbah. Kurikulum juga berubah. Anak-anak semakin berkembang maka pemebelajaran juga harus berkembang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa kurikulum perlu berubah?

"Enak ya Pak jadi anak-anak". Percakapan dengan Pak Yoyok